Friday, February 3, 2017

Tulang sotong , untuk kura-kura Brazil (RES = Red ear slider)



     Mungkin banyak dari pemilik kura-kura tidak tahu kalau mereka sangat membutuh kan tulang sotong, terutama kura-kura Brazil atau yang di sebut RES (red ear slider) .Lucu nya pernah admin bilang ke penjual pun mereka kaget dan tidak percaya apa yang admin katakan, karena tulang sotong biasanya di berikan untuk pakan burung. Bahkan admin dulu pertama kali dengar nya tidak percaya , makan tulang? tulang sotong lagi... yang bener aja kan?.
     Ada kura-kura yang suka tapi ada juga yang langsung menolak saat diberikan tulang sotong, untung ny bagabaga sejak pertama di berikan langsung suka bahkan ini salah satu makanan kesukaan nya. Admin merasa aneh saat yang lain cerita kura nya menolak , ternyata ini sebab mereka menolak makan tulang sotong.

Admin jadi mengerti setelah pertama kali beli tulang sotong kering dari penjual , karena selama ini kurang lebih 2 tahun lamanya admin selalu mengeringkan sendiri di ambil langsung dari cumi sotong segar.

Sebelum menjelas kan kenapa kebanyakan kura-kura menolak tulang sotong , admin mau menjelaskan apa sih tulang sotong dan bagian mana untuk di berikan pada kura-kura.

tulang sotong di ambil dari punggung/ tulang nya cumi sotong .
cumi sotong agak berbeda di banding cumi biasa, bentuk nya kebanyakan lebih bulat dan berwarna putih.
kira-kira begini lah wujud cumi sotong, 




kira-kira tulang nya seperti ini , ada dua sisi keras dan lumayan lembut.
bagian yang di berikan kepada kura-kura adalah yang lembut.
ada yang memberikan langsung , ada juga yang di potong-potong dulu seperti admin baru di berikan kepada kura-kura tentunya seukuran mulut mereka. Bagabaga dari pertama kali di kasih sampai sekarang selalu dipotong dulu ^^

 (foto kiri yang masih utuh , foto kanan yang sudah di potong)



Foto di atas adalah tulang sotong yang admin beli dari penjual , sudah di keringkan siap di makan.
ukuran nya besar , admin gak bisa bayangin ukuran Cumi sotong nya sebesar apa untuk dapetin tulang sebesar itu =,= .

lalu dibawah ini admin sempat ambil foto , salah satu dari hasil tulang sotong yang admin keringkan sendiri. Diambil langsung dari Cumi sotong , di jemur manual =,= memang sih kecil , padahal cumi nya sebesar telapak tangan dewasa hahahha




Oke sekarang kita kembali ke masalah awal , kenapa kebanyakan kura-kura Brazil atau yang di sebut RES (red ear slider) menolak untuk makan tulang sotong? , jawaban nya adalah ..

  1. tulang sotong yang di jual berbau apek ,entah karena terlalu lama di simpan atau penyebab lain.
    Tapi karena tidak ada aroma amis cumi nya, tentu saja tidak menggoda =,= .
    bagabaga aja agak kebingungan saat di buka kan wadah tulang sotong nya , tapi tetap di makan.
  2. terlalu mudah hancur , gak tahu nih ya apa admin salah beli atau gimana.
    tapi kalau di bandingkan sama tulang sotong hasil admin kering kan manual , yang beli ini terkesan rapuh seperti kapur =,= lebih rapuh dari kapur. Sampe adek admin si fatimah ngomong kalo admin kasih bagabaga makan kapur =,=

Seandainya dulu saat bagabaga pertama kali di berikan tulang sotong dari beli di penjual , admin ragu dia bakalan makan kemungkinan besar dimakan kadang-kadang.
tadi aja pas mau suapin , bagabaga mencari-cari keberadaan tulang sotong nya di tangan admin.
(nb: kebiasaan di suapin jadi kalo makan fokus nya ke jari atau ke aroma , as di suapin makanbiasanya makanan di lewatin dan ngejer jari)

jadi admin putus kan ini pertama dan terakhir kali nya beli tulang sotong yang sudah di keringkan , semoga saja seterusnya admin bisa buat sendiri untuk bagabaga.
Walau pun keluar biaya lebih banyak , gak apa deh siapa tahu bagabaga bawa rezeki (Aamiin)
nanti kapan-kapan admin buat tutorial mengolah tulang sotong langsung dari Cumi sotong nya ^^


Manfaat pemberian tulang sotong pada kura-kura adalah, membantu menguatkan tempurung, membantu proses pertumbuhan , juga sangat membantu penyembuhan pyramid + obesitas . dll masih banyak lagi manfaat nya ^^

semoga tulisan ini membantu ^^



No comments: