Sunday, June 1, 2014

10 Ciri-Ciri Depresi Yang Mungkin Tidak Anda Sadari

((sekedar share, kira" dari 10 ciri-ciri kamu termasuk ke berapa no? wkwkkww)
Terkadang jika sedang menghadapi sebuah masalah, seseorang bisa saja mengalami depresi, yaitu keadaan dimana kondisi jiwa seseorang sangat sedih. Keadaan ini biasanya terlihat dalam perubahan pada diri penderita gangguan depresi, aktivitas sosial dan sehari-hari yanbg terganggu, hilangnya minat terhadap suatu hal, insomnia terus menerus, dan sebagainya. Depresi juga salah satu penyebab dari tindakan bunuh diri. Seseorang bisa mengalami depresi dalam dirinya tanpa ia sendiri mengetahuinya. Berikut ini 10 tanda bahwa anda sedang mengalami depresi jikalau anda tidak sadar bahwa anda sedang mengalaminya;

    1. Merasa sangat percaya diri dan tidak memiliki rasa takut. Terkadang seseorang yang sedang mengalami depresi bisa merasakan dirinya mengalami dorongan kuat untuk bertindak nekat, yang tidak lain merupakan cara untuk melarikan diri dari rasa depresi tersebut. Misalnya saja, tiba-tiba berhenti dari pekerjaan yang mapan hanya untuk berwiraswasta tanpa perhitungan yang jelas dan hati-hati. Hal ini terjadi ketika penderita depresi merasa penderitannya yang tidak tertolong lagi harus ia lawan lewat tindakan, dan tentu saja asumsi ini salah.

     2. Penderita depresi biasanya mudah melarikan diri ke kecanduan alkohol atau lebih buruk yaitu narkoba. Menurut salah seorang peneliti, alkohol merupakan “obat bius” paling ampuh menurut para penderita depresi. Mereka melarikan perasaan sedih dan minat mereka terhadap hidup menjadi minat dan kecanduan terhadap minuman keras.

      3. Dorongan yang sangat kuat dalam diri seseorang sehingga merasa perlu membuktikan dirinya terbaik dan baik dalam hubungan asmara , bisa disebabkan oleh depresi. Hal ini dapat merusak kehidupan pasangan. Salah satu pasangan yang mengalami depresi akan merasa membutuhkan pengakuan akan kehebatannya dan itu bisa saja dilakukan dengan menggoda orang lain atau mencari pihak ketiga dalam hubungan yang bisa berakhir pada perselingkuhan.

    4. Jika anda merasa senang mencari keributan dengan rekan bisnis. Jika anda suka mengemudi seenaknya dan memotong jalur di jalan raya yang ramai. Atau mungkin meneriaki orang menyebalkan di pinggir jalan. Mungkin anda sedang mengalami depresi tapi anda tidak mneyadarinya. Orang dengan gangguan depresi biasanya mencoba mengatasi perasaan “tidak tertolong” atas tekanan batinnya. Karena itu mereka berusaha mencari pelampiasan, salah satunya dengan memancing konflik.

      5. Orang dengan gangguan depresi biasanya sudah “mati rasa”. Perasaan sedih dan tekanan yang bertubi-tubi membuat penderita berusaha melupakan dan mematikan perasaannya. Hal ini justru berdampak buruk, karena kita sama saja dengan mengasingkan diri kita dari orang-orang yang peduli dan mencoba membantu kita.

     6. Tanda lainnya ialah jika anda tidak mampu berhenti bersosialisasi. Anda kerap melakukan akitivitas bersama teman-teman anda. Namun ketika teman-teman anda mulai lelah dan pulang, anda tidak ingin sendiri. Anda akan mencari kelompok lain dan hang out bersama teman-teman anda yang lain. Hal ini mungkin tampak wajar, tetapi penderita depresi melakukan hal ini karena tidak mau sendirian dan berhadapan dengan perasaannya, karena itu mereka butuh pelampiasan.

     7. Ketidakmampuan berkonsentrasi menajdi ciri selanjutnya. Penderita depresi senang melarikan dirinya ke dalam dunia khayalan. Bermimpi bahwa kehidupan mereka lebih baik dan indah daripada dunia nyata. Tentu saja fantasi-fantasi ini tidak akan membawa penderita bergerak untuk mencapai impian, justru makin membuat mereka lebih suka berkhayal.

       8. Jika anda selalu berusaha menolak uluran tangan atau bantuan tulus dari orang lain seperti teman, saudara, atau pasangan, mungkin anda mengalami depresi.

     9. Seseorang yang sedang depresi akan bekerja sangat keras, bukan karena rajin, tetapi karena mereka sulit melihat sebuah solusi atas masalah. Sehingga mereka bekerja lebih keras karena hanya mengulang-ulang prosedur kerja tertentu.

   10. Ciri terakhir adalah ketika anda mengekspresikan perasaan anda tidak tepat dengan kondisi yang sedang terjadi. Anda bersikap acuh terhadap berita buruk, menangis berlebihan hanya karena menonton film kartun dengan tokoh seekor hewan yang kehilangan induknya.

No comments: