Tips mengemudi mobil buat pemula , gampang gampang susah tapi tenang aja pasti bisa kalau mau berusaha mau mencoba... sini admin peyuk dulu biar semangat belajarnya hihihi
Pertama pasti gugup dan takut salah , tapi kalo udah mulai bisa, biasanya kamu bakalan lalai dan buat kesalahan , nanti kalo kamu memperbaiki kesalahan itu dan menjadi waspada lagi insyaallah bakal lancar deh *amin
1. pastiin kamu udah tahu fungsi dari body kendaraan kamu beserta aplikasinya , misal yang mana pedal Gas, yang mana Pedal Rem , Kopling , atau yang udah automatik juga harus bisa memahami fungsi dari masing2 yah ^^.
2. kalau yang pakai Gigi mobilnya atau manual , latihan dulu dalam keadaan mesin mati , buat tangan dan kaki kamu senada saat memasukkan gigi , oper gigi mendadak , dan juga melepas kopling yang bukan rahasia lagi masalah umum buat pemula pelepasan kopling yang mendadak mengakibatkan mesin mati , mobil sedikit meloncat dll.
3. sekira nya udah siap lahir batin , boleh deh coba hidupin mesin , tarik rem tangan. buat yang masih manual masukin gigi dan lepaskan kopling senada / barengan dengan injek pedal gas tapi pelan-pelan aja
4. nah mobil nya jalan nih , sekitar ±3 meter kalo jalur lancar langsung deh oper ke gigi 2 , tetep pas lepas kopling nya pelan aja dan senada ama injek gas
5. kaca spion itu sangat sangat sangat penting bagi pengendara mobil , kenapa? itu bakal jadi mata ke 3 , mata ke 4, dan mata ke 5.
-spion kanan = tentu nya buat lihat keadaan kanan kamu
-spion kiri = buat lihat keadaan kiri , juga buat tahu posisi body mobil kamu di mana , terus berguna banget kalo jalan sempit biar bisa lihat kena atau kgak ke body mobil lu
-spion depan = buat berguna kalo
TAPI melihat ke kaca spion nya sesekali aja br :D jangan selalu , ntar jadi nabrak depan berabe juga :D
6. kalo di tikungan cepet2 oper gigi ke lebih rendah misal dari gigi 4ke gigi 2 atau ke gigi 1
soalnya kalo kgak oper gigi , jadi licin dan bisa2 nabrak sana sini , juga noh kan kita mengurangi Gas pas di tikungan , bisa-bisa mobil mati gegara kurang gas.
semakin besar gigi dia minta kecepatan makin besar juga cin
NB: pas mau kurangin gigi (misal kecepatan 40 gigi 3)
pertama injek rem dulu sedikit biar kecepatan nya berkurang , nah terus baru deh ijek kopling penuh untuk oper gigi .
soalnya kalau kecepatan lagi tinggi gitu (versi admin 40 udah ngebut) langsung injek kopling penuh buat oper gigi bakalan meluncur gitu , jadi kyk licin gitu dan bahaya cin~
7. kalau di persimpangan kamu gak berani maju idupin lampu mobil yang jarak jauh , walau agak narsis tapi ini beneran membantu :D
8. di tanjakan jangan lupa pake setengah kopling yah darl , injek pedal gas , terus pas macet atau stop injek kopling ,pas mau maju kopling angkat gas boleh tambah dikit , terus dek kek gitu :D pegel dah
9. pas stop jangan lupa aktifin rem tangan nya soalnya kalo ternyata tempat kamu parkir kgak rata bisa-bisa mobil nye gerak dan membahayakan orang lain dan mobil lain :D
10. kgak usah sok keren deh mau motong kendaraan orang lain sok kebut-kebutan ntar kalo kecelakaan nyahok kan?
nah satu lagi , apapun yang terjadi jangan mudah panik dah santai dan adem aja , soalnya kalo kamu panik bukan nya rem di injak malah gas di injak kan berabe itu cin
udah sekian gini aja , admin pegel mau ketik ntar kalo ada waktu dan ada tambahan admin bakal buat posting lagi deh semoga membantu darl , jadi lah pengguna lalu lintas yang baik dan bener ya , dan yang belom cukup umur udah jangan mengendarai kendaraan yang belom boleh , bahaya cinnn
2 comments:
Wah ini informasi yang berguna nih. Pas buat orang-orang yang baru pertama belajar nyetir mobil. Tapi sih menurut saya latihan ini harus dicoba setiap hari agar cepat lancar
@patria , makasih sudah mampir ^_^
iya bener banget , yang paling penting itu jam terbang istilahnya
nanti kalau sudah biasa udah gak ada lagi kenda cuma yang harus hati-hati menghindarin pengendara motor yang suka nakal tiba-tiba nyalip
Post a Comment