Friday, March 25, 2016

Air yang baik untuk kura-kura Brazil RES

     


        Pastinya hal yang paling di perhatikan kalau punya peliharaan yang hidup di air atau bahkan semi air , adalah kondiri air yang kita gunakan untuk mereka. Air harus bersih dan kalau bisa bebas dari bahan yang berbahaya, karena kalau salah sedikit aja bisa berakibat fatal buat mereka.Berhubung Admin punya peliharaan kura-kura Brazil jenis Res yang semi air , admin juga sempet ngalamin kesulitan soal air. Malah pernah kena sakit gara-gara kualitas air nya gak bagus , air kotor dan buat dia jadi berjamur, dan masih banyak lain nya. makanya di posting kali ini admin mau mencoba membahas masalah air buat Kura-kura brazil jenis Res , semoga aja posting ini berguna.
       Dulu pas baru beli Kura-kura brazil jenis Res nya di pet shop gak ada penjelasan tentang air dan lainnya, cuma di kasih rekomendasi pelet dikasih tahu
      "air nya jangan banyak-banyak nanti cepet mati , gak apa-apa gak kasih air . nanti rendam aja pas kasih makan"

      Berbekal dari penjelasan petugas pet shop ,  waktu itu admin kasih air Pam langsung dari kran air karena menurut admin waktu itu air langsung dari kran lebih bersih dari yang ada di Bak penampungan air. Awalnya gak ada masalah dan air yang admin kasih juga sedikit asal dia bisa celupin kepalanya aja, tapi lama kelamaan masalah muncul karena gagal paham dan kurang teliti.

     Ternyata kalau kita mau pakai air Pam / ledeng  itu bagus nya pakai air yang sudah di endapkan dulu semalaman , tujuan nya apa? biar bahan amoniak nya mengendap di bawah jadi disarankan pakai di atasnya aja bila perlu 1/4 di atas saja.

   Tapi khusus untuk kura-kura admin Res brazil yang masih baby untuk ukuran plastron 2cm-6cm, lebih bagus pakai sumur , air hujan boleh , sungai , atau kolam , danau, mau air isi ulang juga boleh atau mau lebih bagus lagi air yang di masak  sendiri. Jujur aja dari sebelum kura-kura admin sakit parah yang sampai 21 hari tuh  , admin sudah pakai air masak buat air sehari-hari nya karena sebelumnya dia kena pembusukan cangkang nya karena jamur -_- sampai berlubang tuh bekas dari pembusukannya.


    karena waktu itu admin pakai Dry dock , jadi lumayan membantu pengeringan dari bekas luka pembusukan cangkangnya. Ambil langkah aman dalam kualitas air pun belum menjamin bakalan sehat selalu , apalagi yang tidak menjaga air? hayoooooooo~


   tapi sekarang umur bagabaga sudah 1 tahun 6 bulan , dan ukuran plastron bagabaga udah nyaris 9cm . Admin sekarang pakai air pam yang di endapkan di penampungan air semalaman (singkatnya air dari bak penampungan air di kamar mandi) Alhamdulillah gak ada masalah  dengan air nya , walau kadang dia di kulit kepalanya ada bercak putih karena air yang keras  (nanti hilang sendiri kalau air nya dijaga)

#update 30/01/17 #
Air pam itu walau sudah di endapkan berhari-hari , saat masuk filter tetep gini .
(ini sengaja 2 hari setelah kuras wadah , jangan masukin dulu kura nya)
kasih garam ikan + pakai bioball (ga tau apa ini ngaruh)
gak tahu apa disini yg jelek pam nya , padahal bening =,=
udah tes di 3 lokasi berbeda , sama aja kejadian nya.
tapi untuk kura yang daya tahan tubuh nya kuat gak masalah kok , 


1 comment:

Indra Setyo Rahadhi said...

Terima kasih informasinya mengenai air yang baik untuk kura-kura ini. Sangat bermanfaat.