Thursday, January 21, 2021

Tips dan cara menjinak kan kura-kura brazil yang suka buang air/pipis/kencing saat di pegang (res / red eared slider)

 

Nobu
Sebelum kita bicara bagaimana cara membuat kura-kura peliharaan kita jinak, nurut, atau sejenisnya. Admin rasa, kebanyakan pemilik kura-kura sering merasakan tembakan maut alias pipis/ kencing jika dipegang... Kamu pernah?, Admin pernah loh, terlebih sama nobu yang admin bawa pulang sudah sebesar ini.


2tahun berlalu, kisah sama Nobu si jantan ini banyak sekali. Termasuk bagaimana cara meluluhkan hati menjinakkan dia, yang dulu kalau di dekati, atau di pegang, suka pipis 😂


Semoga bermanfaat ya, abaikan jika tidak suka, atau tidak cocok, beda pendapat itu biasa, tapi menghargai dan menerima perbedaan itu sangat indah.. feel free untuk komentar di bawah


Sebelum kasih tips, admin mau cerita dulu ya soal Nobu, mumpung sikon memungkinkan. Btw tips di tulis paling bawah, kalo mau skip cerita bisa langsung ke bawah.


Sebenarnya gak ada ritual khusus untuk menjinakkan si kura-kura brazil ini, apalagi jantan dan sudah sangat besar ketika dibawa kerumah.

Seperti yang kamu tahu, admin punya kura-kura betina yang nama nya Bagabaga dirumah. Beda dengan Bagabaga yang admin pelihara dari baby, seukuran tutup botol mineral/koin logam, beneran mungil sekali. Niat mencari jantan awalnya untuk teman bagabaga main, kasihan sendirian kalau admin lagi kerja.


Alhamdulillah gak sengaja ketemu nobu di pasar hewan, dia waktu itu lagi keliling-keliling baskom alias menginjak-injak kura-kura lain. Kelihatan lah ekor nya yang tebal dan kuku depan yang panjang, maklum ya jantan sangat susah cari nya di palembang.


Langsung deh admin dekatin, mahar nya waktu itu di sebut ±330rb lah kalo gak salah admin tawar tapi lupa detail nya. Pertama pegang, para penjaga toko nya ketakutan aku kegigit 😂😂 maklum serem banget dia..


Tapi, aku berusaha untuk kontak mata ke Nobu, agak sulit ya karena tatapan matanya gak fokus (tidak seperti bagabaga respon nya). Tapi setelah kontak mata, aku ajak ngomong


"Ikut ayuk pulang mau ya?" (Ayuk artinya kakak perempuan dalam bahasa palembang)


Eh nobu diam dan melihat admin dengan penasaran, sepanjang jalan dia terbilang manis, walau berusaha keluar dari kardus. Saat di kendaraan , aku keluarin nobu sebentar dan respon nya lumayan baik, dia penasaran sama sekitar, lihat kanan kiri ke jendela, apalagi duduk didepan makin seru dia kepo.


Saat sampai di rumah, aku karantina dulu gak boleh satu wadah air sama bagabaga, takutnya nobu bawa penyakit. (Alhamdulillah sih ternyata sehat banget)


Pertama ketemu bagabaga dia endus" dan sedikit panik, kalo dipikir lagi mungkin karena dia masuk kamar admin yang tertutup pintunya. Panik nya muter-muter cari jalan mau keluar, cepet banget sampe aku dan bagabaga puyeng lihatnya.


Makan nya lancar alhamdulillah, langsung mau makan pas sampe rumah. Aku biarin dia sendiri dulu sama bagabaga, dan ternyata saat aku kembali, lagi selonjoran berdua baris rapi, kek lagi ngobrol gitu, karena pas aku masuk bagabaga dan nobu lirik ke aku, lalu saling lirik berdua 😂😂😂


Batas sini manis ya ...masih manis...


Tiba lah malam, nobu makin panik, tidur disana-sini gak mau, akhirnya masuk kardus. Takut keinjek pas mau ke kamar kecil malam"


Soal pipis jangan di tanya 😂 , perang pesing waktu itu, pegang dia langsung pipis..


Tapi nobu termasuk cerdas, dia lihat aku interaksi sama bagabaga (misal aku ambil bagabaga pangku di paha) nobu inisiatif mau ikutan naik, lalu suka manjat punggung aku pas lagi tidur..


Aku juga berusaha gak pegang" dia ,kalo nobu nya gak deketin duluan, cuma pegang pas mindahin kasih makan dll.


Nah waktu itu awal 2018 deket lebaran aku sibuk sama coklat karakter homemade( Mau intip lapak mimin klik ini ya nanti terhubung ke lapak online ), dan itu menyebabkan masa PDKT sama nobu berantakan..


Aku aja jarang ketemu dia dan bagabaga, sehari kadang sekali pun gak, dibantu sih sama ayah dan adek buat jaga.



Selesai lebaran 2018, nobu berubah..

Dia jadi lebih parah, gak mau didekatin, gak mau tidur dekat aku lagi, padahal dulu awal-awal sempat naik di bantal aku loh bareng bagabaga


Deketin nya susah, terlalu dekat dia pipis dan kencing sembarangan 😂😂


Aku coba kasih jarak alias kalo dia gak dekatin, aku gak deket, eh malah makin jauh, makin parah...


Waktu berjalan nyaris satu tahun kemudian, nobu agak membaik, tapi tetap aja kek gitu


Akhirnya 2020 ini, ku inisiatif nemenin pagi main di halaman walau cuma sebentar aja, nemenin main, atau pas dia deketin aku senyum sambil bilang

"Nobu pintar, nobu baik"


Dan lihat aja itu hasilnya, dia udah mau tidur deketan aku lagi, malah serang di cium, toel, cuddle, atau peluk ringan udah bisa...


Udah bebas dari kencing 😂😂😂


Pagi agar aman dari kencing, segera keluarin dari kamar dibawah jam 8pagi. Lalu sore menjelang malam sebelum masuk kamar, sekitar jam 7sore pastikan dia udah pipis dulu, baru bawa masuk.


Nah cerita singkat mengenang si Nobu yang sebentar lagi bakalan 3thn bersama kami, kalo umur mungkin 7-15thn ya karena udah besar dan kelihatan tua 😂😂


Kesimpulan:

Penyebab kenapa kura-kura kamu sering buang air kecil/pipis/kencing ketika dipegang?


Jawab nya adalah, karena dia merasa tidak nyaman, merasa tidak aman, dipaksa melakukan atau ada di kondisi yang dia tidak suka. Seperti pertahanan diri, bisa juga ketakutan atau bahkan marah.


Tips menjinakkan kura-kura rumahan versi admin


  1. Kalau baru beli, berikan ruang untuk dia beradaptasi. Misal tempat sembunyi, atau ruang luas dan terbuka.
  2. Jangan terlalu sering dipegang atau di gangguin, sampai dia kelihatan nya baik-baik saja.
  3. Hindari mengangkat/memegang dia dengan arah vertikal, karena biasanya dia bakalan pipis
  4. Perhatikan apa yang dia suka dan tidak, jangan memaksakan apa yang kita mau, minimal jangan langsung sekaligus, dicicil aja sedikit demi sedikit.
  5. Kasih makan menggunakan garpu/sendok plastik, lalu suapi agar dia merasa dekat dan aman. Pastikan mengelus tempurungnya saat dia mendekat, sering-sering sebut namanya terutama jika kasih makan.
  6. Jangan sentuh area kepala, leher dan tangan /kaki depan , kalau dia terlihat tidak suka. Boleh sentuh 1-2kali, saat dia menghindar atau mulai menunjukkan reaksi negatif, hentikan. Ulangi terus besok  atau besoknya lagi, biasanya batas toleransinya lama-lama semakin baik.
  7. Ciptakan tempat atau ruang tinggal yang nyaman, dan berikan makanan kesukaannya
  8. Luangkan waktu untuk bonding, baik itu menemani berjemur pagi, main kejar-kejaran dengan makanan
  9. Paksa masuk ke teritorial dia tapi pelan-pelan, dan dicicil wkwkwkw. Artinya terlalu di biarin jangan, tapi jangan terlalu maksa dekat.
  10. Sering-sering kontak mata dan tersenyum, lalu panggil nama nya
  11. Hindari menyentuh atau melakukan yang dia tidak suka, contoh versi bagabaga dia gak suka leher dan kaki tangan disentuh karena geli. Contoh lain Nobu, dia gak suka dipangku, atau dipeluk terlalu lama.
  12. Jadi intinya buat mereka nyaman dan dekat dengan kita, mereka memang tidak punya akal , tapi mereka punya otak, percayalah mereka lebih cerdas dari yang kita kira.

Maaf ya kalau tips nya hanya itu aja, bingung mau nambahin apa wkwkwkw



No comments: