Sunday, November 22, 2015

Tips / cara Diet untuk kura-kura Brazil (Res)


Nah di posting kali ini admin mau posting tentang Diet untuk kura-kura Brazil (Res)  yang kegendutan , yang pastinya gak mau makan sayuran. Karena posting kali ini berdasarkan pengalaman pribadi , jadi admin gak jamin bisa berhasil sama kura l. n nya.
foto sayur dengan bekas gigitan itu adalah sayur pertama yang Bagabaga makan , admin lupa kapan tepatnya mulai diet tapi kalau waktu itu gak mulai diet mungkin sekarang tempurung bagabaga pyramid karena kegendutan. wwkwkwkwk > __ <

pasti semua owner pada kebingungan kalau pet nya bermasalah sama kesehatan , apalagi masalah kegendutan yang udah jadi rahasia umum bakal di alamin ama pet yang terlalu di manja alias terlalu di sayang.
contohnya bagabaga nih >  __  < 

Admin mulai nemuin tanda-tanda pyramid di Tempurung bagabaga , dan langsung ambil tindakan secepatnya...apalagi sebelumnya bagabaga nolak banget di kasih sayur , paling di endus doang terus di cicip langsung di lepeh lagi ...

selama ini bagabaga makan nya pelet aja , kadang kalau lagi mogok makan admin suapin cacing darah (waktu size kurang dari 2cm)
atau pernah admin kasih jangkrik dan ulat hongkong , tulang sotong dan ikan , juga udang.
semua makanan di atas kalau di sodorin ke bagabaga , langsung dia buka mulut dengan imut seperti anak burung kalau di suapin induk nya. 

itu sayur sawi bakso (lupa nama aslinya tapi admin sebutnya itu) yang di foto , baru di makan setelah 3 hari lamanya main diet-dietan sama bagabaga, untuk sekarang udah lebih banyak makan nya di banding pertama tapi bagabaga lebih suka sayur kangkung , kalau sawi bakso paling batang nya yang dimakan.

oke deh langsung aja tips dari admin , semoga membantu

  1. pastikan kondisi kura sedang sehat , hentikan pemberian pelet dan makanan yang lain.
  2. kasih sayuran segar  yang sudah bersih kedalam wadahnya
     bisa sejenis sawi , atau kangkung (bayam +  toge TIDAK boleh)
  3. kalau gak dimakan , atau di cicip tapi langsung di lepeh sama kura nya , biarin aja gitu tapi ganti air nya biar gak ada lendir dari sayur nya.
  4. tunggu selama satu hari dan lihat perkembangan nya , kalau masih gak ada perkembangan biarin aja, tapi waspada jangan sampe dia makan pup (kotoran) nya sendiri. disini si kura bakalan mulai aksi mogok makan , tapi jangan sampe kalah dan kena bujuk rayu matanya yang unyu minta makan.
  5. hari kedua juga tetep sama , kasih sayuran segar yang sudah di bersihkan ke dalam wadahnya. walau kemarin (hari pertama) gak makan apa-apa , gak apa kok tenang aja dia gak bakalan sakit hanya karena mogok makan. kalian pasti gak tega dan bakalan menyaksikan betapa imut nya jurus rayuan kura minta makan. jangan terpengaruh , jangan goyah. pokoknya kita harus inget kalau kita ngelakuin ini karena sayang sama dia , jadi kalau kita sayang sama dia , kita harus TEGA buat mengabaikan mata nya berbinar penuh rayuan.  inget hati-hati jangan sampe dia makan pup (kotoran) nya sendiri
  6. hari ketiga masih gak ada kemajuan juga??? jangan takut dan tetap teruskan aja, kemungkinan pada hari ketiga kura nya bakalan semakin menggemaskan dengan jurus rayuan mata berbinar pada stadium lebih akut. tapi tetep harus ingatkan pada diri sendiri , kalau kita sayang kita harus tega.
  7. tapi bisa jadi hari ketiga dia bakalan ganti jurus , yang dari mata berbinar jadi jurus cuek bebek. jadi yang biasanya kalau lihat kita langsung datang dengan unyu seperti anak anjing berubah jadi cuek seper duper cuek.... tetep jangan goyah !!! harus tega kalau sayang sama mereka
  8. nah admin kemarin alhamdulillah pada hari ketiga sayurnya akhirnya di makan walau sedikit , admin udah janji sama si bagabaga kalau dia makan sayur bakal dapet hadiah pelet Jkk (admin pesen online khusus buat dia wkwkwkw) itu merek pelet kesukaan dia, agak mahal dari pelet  biasa *cry
    entah si Bagabaga ngerti apa gak yang admin janjiin , waktu itu admin selalu tepatin janji buat kasih hadiah pelet kalau sayurnya habis.
  9. buat yang masih berperang sama kuranya sampe hari ke empat , gak apa-apa kok jangan goyah ya..soalnya kura-kura brazil / res itu termasuk reptil yang berdarah dingin.
    inti nya 1 minggu gak makan pun mereka gak kenapa-kenapa , malah normalnya mereka cuma makan 2 hari satu kali...
    dan juga sistem pencernaan kura-kura brazil / Res itu tergolong lama , perhatikan aja kalau dia habis makan daging-dagingan pasti 2 hari baru pup daging2-an nya.
    tapi semoga aja gak kejadian sampe 1 minggu , > __  <


    kalau bagabaga sekarang masih suka tarik ulur soal makan sayur nya , jadi admin kasih 1 hari sayur penuh lalu besok nya baru sayur + daging2an .
    walau udah berbulan-bulan yang lalu belajar diet nya , tapi sampe sekarang masih suka tawar menawar masalah makan -__-

    masalah tempurung bagabaga yang nyaris pyramid itu pun masih belom terselesaikan , maksudnya udah lumayan membaik bentuk nya tapi belom kembali normal dan masih agak mirip mangkok berjalan wkwkwkwkwk , malah area daging di kaki belakang keluar dari plastron nya (Tempurung bawah)
    kaki depan dan belakang nya padet daging , saking padet nya admin sampe ngira bagabaga gak punya tulang di kaki nya
    terus satu lagi nih , bagabaga gak bisa masukin kepala nya ke dalam tempurung karena kegendutan. walau bisa  masukin kepalanya , dia harus selonjorin semua kaki depan dan belakang ... baru deh bisa masukin kepalanya >  __  <


    terlalu banyak cinta ternyata bisa membunuh , cintailah segala sesuatu dengan seperlunya.
    wkwkwkkww , terlalu manja dan terlalu sayang gak baik ...tapi terlalu cuek dan masa bodoh malah lebih buruk... yang penting kita udah melakukan yang terbaik yang kita bisa


Nb:

 -Admin tambahin note ini 22 mei 2016

Laporan kalau semua cara diet gagal dan sekarang bagabaga makannya cuma 2hari 1x saja 
Karena cukup umur bagabaga sudah boleh berenang dan insyaallah itu membantu merontokkan lemak membandel bagabaga wkwkwk
(Yg kura nya masih kecil konsultasi dulu sama yang ahli. Karena kalau di suruh berenang nya kecepetan dan ternyata masih belum siap anggota tubuhnya itu malah nambah penyakit baru misal sakit pernafasan , flu, RE dll. soalnya katup pernafasan nya belum sempurna dan otot nya belum kuat. ) 
Sekian dan terima kasih nanti kalau ada waktu admin upload foto endut nya bagabaga dan juga hasil dari cara diet yang terbaru ini


-laporan tambahan ini admin tambahin juni 2016

Hasil dari rutin berenang adalah sukses Alhamdulillah, tempurung bagabaga di sisi kiri dan kanan yang tadinya hampir berbentuk bulat alias mendekati pyramid

Sekarang alhamdulillah udah tumbuh dan mulai berbentuk normal walau sedikit tapi sudah menunjukkan kemajuan

Lemak di area kaki belakang masih lumayan banyak tapi lemak di area kaki depan atau area leher mulai berkurang
Yang dulu nya susah buat memasukkan kepala kedalam tempurung sekarang Alhamdulillah sudah bisa.

Tapi hasilnya bagabaga mudah capek dan kalau malam tidurnya pules banget..
Admin gangguin pun gak di perdulikan ama bagabaga dia meneruskan tidur cantik nya wkwkwkw

(sebelum diet renang bulan maret)

(sesuda diet renang sekitar 1-2 minggu)



#update 28/12/16
bagabaga belum sukses diet...
sebentar normal gak lama kembali bulet lagi
ini foto terbaru bagabaga =,=


5 comments:

Astrid Wira said...

Mau mengikuti jejak bagabaga diet ah...kura2 aku jg kegendutan...dan dicoba untuk berenang (ditaruh di air yg banyak) trnyata dia ga bs berenang.. (kebiasaanya di taruh di air cetek)
Duh,,gmn yaa...kura2 aku jd ga bs renang -_-"

firdayanti ( ier- dibaca -ir) said...

@ astrid wira andriani , aku mah udah nyerah kak diet nya.
sekarang kurangin makan rajin jemur sama rajin renang aja *tear*
kura nya ukuran / umur berapa kak? jenis yang sama kan? (RES) .
kalo masih kecil jangan terlalu dalem air nya , mereka belom siap renang.
minimal 1 tahun lebih atau 10-13 cm ukuran nya

Rumiyati, S.Ag said...

Min, boleh minta id line atau apa? Pengen tanya tanya seputar itu, kura2ku juga ngalamin gitu, tolong ya min ��

firdayanti ( ier- dibaca -ir) said...

boleh boleh , bbm 27ba33ab WA 089605973331
tapi aku juga newbie kak :D jadi mohon maaf kalau ada salah

Anonymous said...

Bagus. Saya juga pelihara si Brazil tuh udh 4 THN.

Mampir ke blog aku
Http://www.wahyumada.blogspot.co.id