Tuesday, October 11, 2016

Sakit manja karena ngambek diet ketat??? *nyerah* yang penting sehat ya bagabaga (overfeeding)

       


           Posting kali ini bukan tips dan bukan info , tapi curhat doang soal bagabaga kura-kura Brazil jenis RES (red ears slider)  yang berumur 2 tahun lebih. Bagabaga yang dari kemarin (masih) berjuang dengan diet nya , Alhamdulillah tumpukan lemak di bagian kaki depan dan leher udah jauh berkurang tapi admin baru nyadarin kalo tumpukan lemak di bagian kaki belakang belom hilang. Walau lebih jelasnya bukan lemak tapi kaki bekalang nya keluar dari tempurung , entah kenapa gitu tapi yang pasti ini tuh buat admin cemas ya. Pas curhat sama temen satu grup di facebook klik ini untuk lihat grup di facebook sekilas mereka
ngira kaki belakang Bagabaga itu daging lembut yang biasanya terjadi karena sembelit (isi nya poop yang pending wkwkwk) . tapi setelah admin jelasin itu bukan daging tapi kaki belakang nya , rata-rata temen nyaranin buat ke dokter atau diet ketat.


         Bagabaga yang baru beberapa minggu ini "back to pelet " terpaksa admin kasih diet kangkung , kangkung kasih secukupnya terus kalau habis baru kasih hadiah pelet ke bagabaga. mulai nya 6 oktober dan mendadak nih BAM tanggal 10 oktober bagabaga langsung flu dan lemas. Padahal admin udah jaga-jaga banget udah jemur tiap pagi selama bagabaga diet ketat , tapi mash aja kecolongan yah??? .
         Hari itu tgl 10 oktober bagabaga admin lepas buat main di rumah setelah habis berjemur pagi , rumah yang lagi kosong waktu itu buat bagabaga lebih leluasa berpetualang main keseluruh penjuru rumah. Admin yang lupa kalau bagabaga lagi di lepas sempet panik keliling buat nyari Bagabaga, tapi pas ketemu bagabaga lagi di kamar ortu . Admin buru-buru cari kamera buat foto bagabaga walau sayangnya dia keburu bangun, pose nya itu lucu-imut-manis-gemes gak bisa di ungkapin dengan kata-kata XD mungkin karena udah bosen berkeliling , bagabaga akhirnya masuk ke kamar utama (ortu) dan nangkring cantik di kasur sampe ketiduran -___- .
     Masalahnya mulai muncul pas admin mau masukin bagabaga ke wadah kontainer air  , karena saat itu baru sadar leher bagabaga udah penuh lendir sama ada gelembung di hidung . Admin langsung panik nih masak air hangat buat Bagabaga. sementara air hangat lagi di masak , bagabaga di wadah kontainer air nya udah bersikap aneh gitu. Gimana ya jelasin nya pokoknya aneh aja, saat admin suapin pelet ke bagabaga di seluruh mulutnya lendir agak kental rasanya mau nangis keinget trauma pas bagabaga sakit dulu.
     Nafsu makan nya walau masih lancar , bagabaga tetep aneh . Manja nya meningkat 10x dari biasanya , biasanya kalau di lepas main bakalan berpetualang ningglin admin tapi ini malah naik ke kaki minta di pangku gitu. Pas tidur malem juga sama , deketin admin udah kayak kucing terus usel-usel selimut dia mau tidur deket admin (tp admin pindahin takut kepenyet karena admin tidurnya nakal) .
    Flu nya gak parah kok Alhamdulillah , semangat main nya ada , manja nya ada , makan nya juga tetep rakus tapi minta di suapin alias ngejer jari admin dan pelet yang di air itu agak di cuekin sama bagabaga. Sekarang lagi tahap pemulihan soalnya masih lemas tapi udah mulai aktif. mana cuaca lagi kurang bersahabat hehehehe , belom admin kasih air rebusan sirih. kemaren baru kasih air hangat aja soalnya feeling admin ini nih bukan sakit yang kenapa-kenapa ... tapi sakit manja .

     Ini buat admin inget kalau dulu sering kejadian gini kalau bagabaga di paksa diet ketat , atau dia lagi ngambek karena lagi ada maunya dan gak diturutin suka mendadak sakit gitu. Pantesan kenapa ya dulu admin mendadak stop diet ketat beberapa kali , ternyata ini alasan nya hahahha sumpah lupa.

yang penting kamu sehat aja ya Bagabaga , soal kaki belakang yang keluar itu nanti kita cari jalan lain ^^
sekarang udah tahap pemilihan admin bersyukur banget , soalnya setiap kali bagabaga gini ikut mempengaruhi mood dan semangat kerja malah selisih sedikit admin juga ikutan sakit.

dan 3 hari ini sumpah rasanya mood jelek sepanjang hari .


#sorry late post
sejak kejadian itu sekitar 1 minggu bagabaga jadi lebih milih tiduran di selimut atau bawah bantal , pokoknya kurang suka di air. Biasanya doyan banget main air , bangun pagi langsung garuk-garuk wadah kontainer nya mau renang, rempong pokoknya bangunin admin sampe wajah admin di jadiin tangkringan kalau gak bangun hahahaha

gak lama dari itu bagabaga mulai normal lagi , tapi admin udah terlanjur bersumpah gak bakalan diet lagi cuma pola makan aja di jaga. *kibar bendera putih*
*tear*

#update 31 desember 2016 #
maaf lupa banget , kalau kura-kura brazil RES (red ears slider) sakit flu  yang paling penting bantu gimana cara nya lendir di hidung dan mulut terbuang. istilah nya kita bantu mereka buang lendir agar nafas plong.

cara admin pribadi dengan  toel lubang hidung bagabaga dengan ujung tisu atau ujung kain nanti lendir nya keluar dari hidung , kadang yang keluar cair kadang juga kental dan sudah mengeras.
cepat !!!! langsung ambil lendir tadi dengan kain lembut atau tisu yang  tebal , karena kasus bagabaga dia kan marah admin gituin (sengaja buat bagabaga marah)
eh tisu nya di caplok di gepit pake mulutnya gak mau lepas =,=
takut kemakan kalau tipis walau belom pernah kejadian ya enak jaga-jaga aja.

terus cara bersihin yang di mulut sama aja , buat marah dan pakai kain lembut sempelin ke mulut nya gak lama pasti bagabaga buka lagi dan yes lendir udah lengket di kain tadi.. 
(PELAN-PELAN , LEMAH LEMBUT )

setelah itu rendam dengan air hangat jangan tinggi  , jangan terlalu panas cukup yang suam-suam kuku aja.
usahakan jemur pagi dan siang , dry dock ( perawatan kering , kasih air cuma pas makan dan jemur aja)
gak apa kok dry dock aman malah bagabaga juga lebih milih di tempat kering lah dia susah nafas

kalau di rasa belum cukup , rendam dengan air rebusan sirih dengan kekentalan sesuai kebutuhan (tes rasa).

biasanya sembuh flu sekitar 1 minggu lah , selama 1 minggu bagabaga banyak di darat.
tapi yang paling admin syukurin walau sakit flu gitu nafsu makan nya tetap berkibar.


No comments: