Thursday, March 11, 2021

Trauma dan mimpi - satu kalimat yang membuat aku menjadi lebih kuat dan luka itu tidak lagi terasa sakit

  Tadi aku terbangun dengan mimpi, yang menceritakan luka juga rasa sakit di masa lalu, oke singkatnya trauma. Setelah terbangun, aku ingat kalau "aku" di dalam mimpi tidak seperti dulu, mimpi nya tidak berhenti disana. Aku bangun, menghapus air mata, menjadi lebih kuat, dan menjadi lebih tangguh.


Entah suara siapa itu, atau film, atau novel mana. Tapi ada satu kalimat yang membuat aku tetap tenang, bahkan setelah cukup lama aku masih bisa merasakan ketenangan itu.


"Sekarang aku sudah dewasa, aku sudah kuat, kamu... Masa lalu ku, tidak bisa menyakiti aku lagi"


Seolah kalimat itu yang membuat aku terbangun dari tidur, tidur panjang yang membuat aku tenggelam dalam kegelapan.


Aku tersenyum saat menulis ini, apa sudah waktu nya?, Apa aku sekarang sudah sembuh?, Apa semua luka dan rasa sakit yang dulu begitu menyiksa sudah menjadi "bekas luka" ?., Semoga saja...


Aku sudah cukup kuat berdiri sendiri, tidak ada lagi harapan atau rasa bergantung pada manusia lain, siapapun.


Tidak ada lagi rasa sakit ketika disakiti manusia lain, siapapun itu.


Aku sudah melewati masa terburuk dan tergelap ku sendirian, dan sekarang setelah semua berlalu, tanpa pertolongan satupun manusia lain, aku tidak lagi butuh pertolongan apapun... Aku kuat..


Aku bangga dengan diriku, kamu berhasil melewati itu semua, kamu kuat dan tangguh. Lihatlah, lihat sejauh apa kamu sudah berjalan?


Kamu sudah melakukan yang terbaik yang kamu bisa, itu cukup.


Tetap lah menjadi hati yang baik, yang bersih, tak peduli apa yang orang lakukan dan katakan kepada mu.


Apa yang kamu katakan dan lakukan, bukan karena siapa orang lain itu, tapi siapa diri kamu.


Dear myself, terima kasih ya, terima kasih.

No comments: